Membangun Kesadaran Berpendidikan oleh Gunungkidul Mengispirasi Melalui Edu Expo 4.0

0
97

Banyak problematika sosial yang dihadapi oleh masyarakat Gunungkidul, terkhusus pada era saat ini. Dengan perkembangan zaman yang melahirkan persaingan semakin berat di masa mendatang. Dibutuhkan gerakan bersama untuk membangun masyarakat yang kuat menghadapi masa depan. Salah satunya adalah dengan mengagas gerakan bersama di bidang pendidikan dan kepemudaan.

Menyadari tingkat kesadaran berpendidikan dan berpikir kritis masyarakat Gunungkidul yang masih minim. Gunungkidul Menginspirasi mengadakan Edu Expo 4.0 bertajuk “Your Education, Build for Nation” yang dihadiri oleh sekitar 250 peserta. Acara tersebut berlangsung pada hari Minggu, 05 Januari 2020 di Aula DPRD Kabupaten Gunungkidul. Ada beberapa rangkaian acara, salah satunya adalah presentasi dari beberapa perguruan tinggi dan juga taklshow dengan para peraih beasiswa unggulan.

“Kami menyadari kesadaran masyarakat Gunungkidul tentang pendidikan harus ditingkatkan, terkhusus pada kaum muda. Maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberi akses informasi, serta mendorong motivasi untuk kaum muda agar melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi. Karena banyak masalah sosial yang timbul akibat rendahnya tingkat pendidikan, salah satunya adalah nikah muda, pengangguran dan rendahnya kualitas SDM. Dan masalah seperti ini sangat banyak kita temui di Gunungkidul” demikian paparan Joko Susilo selaku founder Gunungkidul Menginspirasi.

“Ini adalah Edu Expo tahun keempat, semoga dengan kaum muda Gunungkidul kian tergerak untuk melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi. Bisa dengan melalui jalur beasiswa dalam negeri maupun luar negeri, atau jalan lainnya” lanjutnya di sesi wawancara dengan tim pelatar.com

Acara ini juga dimeriahkan dengan stand komunitas anak muda dan pendidikan Gunungkidul, sebagai bagian dari rangkaian acara sebagai ruang temu komunitas. Selain itu, setiap peserta wajib mendonasikan satu buah buku sebagai tiket masuk. Selanjutnya buku-buku tersebut akan akan disebarkan ke taman baca di berbagai desa terpencil Gunungkidul. Karena setiap gerakan sosial harus dilakukan secara kolektif agar memberi dampak yang lebih luas.

Redaksi

Berikan Pandanganmu...